Rabu, 04 April 2018

Belajar Rahasia Kepercayaan Diri Nabi Musa AS yang Tidak Terpikirkan

Belajar Rahasia Kepercayaan Diri Nabi Musa AS yang Tidak Terpikirkan

Saat kisahnya Nabi dicantumkan dalam Al Quran, pastinya agar kita bisa mengambil pelajarannya. Salah satunya adalah kisah perjuangan Nabi Musa as saat berhadapan dengan Firaun. Jadi kita tidak bisa mengatakan “itu kan nabi”. Justru kita harus mengambil pelajarannya.
Yang paling penting adalah Pelajaran tentang keimanan dan kepatuhan. Namun, tidak berarti tidak ada pelajaran lain. Saya melihat ada sesuatu yang berhubungan dengan pengembangan diri, dalam hal ini adalah kepercayaan diri.
sendiriKita bisa belajar kepada Nabi Musa sebagai arti dari diri mereka sendiri . Coba simak ayat berikut,
Pergilah ke Fir'aun; mereka telah melampaui batas. Berkata Musa: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, biarkan mereka mengerti perkataanku, (QS. Thaahaa: 24-28)
Saat Nabi Musa AS ditugaskan oleh Allah untuk menghadapi Fir'aun yang sangat berkuasa saat itu, nabi Musa AS memanjatkan do'a agar dia mampu menjalankan tugas dengan baik. Kemudian Nabi Musa AS berangkat melalui Fir'aun untuk menyampaikan risalah dakwahnya.

Tidak Percaya Diri? Mintalah Pertolongan Allah

Di sini, Musa sebagai memohon kepada Allah agar benar-benar untuk mengemban risalah tersebut. Inilah Yang Patut kitd contoh, Saat Menghadapi Tugas Yang Berat, kemudian keraguan Muncul, merasa Diri Tidak mampu, Alih-Alih Niat mengurungkan, kenapa TIDAK Berdoa Kepada Allah agar dihilangkan rasa randah Diri Dan dimunculkan Kepercayaan Diri .
Nah, saat Anda ingin melakukan sesuatu, kemudian Anda tidak percaya diri untuk melakukannya, jangan mengurungkan niat dan apa yang akan Anda lakukan. Mintalah tolong kepada Allah agar disanggupkan atau dimampukan untuk melakukan hal tersebut.
Banyak orang yang suka menyerah gara-gara tidak bisa. Lebih memilih menghancurkan atau bahkan menghilangkah tujuan dan harapan. Lalu dimana keyakinan akan pertolongan Allah. Mungkin Anda memiliki keterbatasan, namun jika Allah berkehendak, Anda akan kesulitan untuk mencapai tujuan Anda.

Bagaimana Jika Gagal?

Apakah tugas Nabi Musa AS berhasil meluluhkan hati Firaun? Ternyata tidak. Dan Nabi tahu bahwa itu berhasil sangat sangat sedikit, tetapi dia tetap mau . Begitu juga dengan kita, meskipun kita tahu bahwa kita bisa melakukan sesuatu yang kecil, tidak ada salahnya untuk mencoba dan ada lagi yang lebih baik. Apalagi jika kemungkin keberhasilannya lebih besar.
Perlu sekecil apa pun perlu dicoba. Tidak ada pilihan lain. Contoh lain adalah Siti Hajar saat mencari udara untuk bayinya, Ismail sebagai Di tengah gurun gersang, memungkinkan untuk mendapatkan udara kecil, tetapi terus berusaha, tidak menyerah. Dan pertolongan pun datang pada akhirnya.
Sebuah hikmah, Allah akan menolong kita jika kita sungguh-sungguh menginginkannya. Dan sebagai bukti kami tetap berusaha bebas yang kecil.
Tidak ada yang bisa menjamin bahwa apa yang kita lakukan akan berhasil atau gagal. Hanya satu cara mengetahuinya dengan menggunakan cara-cara mencoba. Sesungguhnya Anda memiliki kemampuan untuk melakukan. Kemampuan untuk belajar saat Anda belum bisa melakukan sesuatu. Belum lagi Anda juga bisa berdo'a kepada Allah seperti yang dilakukan oleh Nabi Musa AS.
Pelajaran ini sangat mengena bagi orang yang suka berkata “saya sudah mencoba” atau orang yang berkata, “ini tidak akan berhasil”. Cobalah.

Ikhtiar Maksimal

Pelajaran yang kita dapat adalah mengembangkan kita melakukan ikhtiar semaksimal mungkin. Ikhtiar yang berarti ini akan mendatangkan pertolongan Allah saat diiringi dengan do'a dan sikap tawakal. Maka saat Anda sedang menghadapi masalah, saat Anda ingin meraih impian, berdo'alah, bertawakallah, dan lakukan ikhtiar semaksimal mungkin.
Ikhtiar maksimal tidak dapat melakukan hal yang sama seperti Siti Hajar. Tidak juga dan selalu melakukan hal yang memiliki peluang amal kecil. Ikhtiar maksimal juga berarti kami berusaha dengan menggunakan yang terbaik.
Do'a Rasulullah melihat itu pasti diqabulkan Allah. Namun beliau tetap melakukan cara dan strategi terbaik saat berdakwah termasuk saat berperang. Merancang merancang merancang merancang merancang merancang merancang bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan menggunakan Artinya tidak dengan usaha yang asal, tetapi dengan cara yang terbaik jika memungkinkan.
Jika memang ada satu cara yang Anda bisa dan ketahui, maka bagi itu. Memerangi pikiran dan pikiran untuk melakukan cara yang lebih baik agar masalah Anda teratasi atau tujuan Anda mutlak. Sambil diiringi dengan agama diri bahwa Allah akan memampukan Anda untuk melakukannya.
Tawakal adalah salah satu cara agar kita percaya diri. Karena tawakal seorang pemikir Muslim, harusnya seorang Muslim itu memiliki sifat yang tinggi. Baik saat menghadapi masalah maupun percaya diri Anda yang sukses besar.
Ingat pepatah man jadda wajada ? Ya Anda harus sungguh-sungguh di dalam, karena bersunguh-sungguh menunjukkan keinginan yang kuat.
Tentu saja ada ikhtiar-ikhtiar yang bisa kita lakukan agar lebih percaya diri. Salah satu cara membuat program 21 hari untuk melatih mental agar lebih percaya diri. Penjelasannya bisa Anda simak di Video The Confidence Secret .

Penutup

Jadi saat Anda tidak dapat mewujudkan diri Anda bisa berdo'a kepada Allah SWT. Kemudian bertawakal dan ambillah tindakan sesuai hati nurani Anda. Jangan lupa, untuk terus mengembangkan diri Anda agar Anda memiliki peluang sukses lebih besar.


Read more: https://www.motivasi-islami.com/kepercayaan-diri-nabi-musa-as/#ixzz5BgqWDJTB

Tidak ada komentar:

Memahami Satu Sunatullah Ini Akan Membuat Anda Sukses

Memahami Satu Sunatullah Ini Akan Membuat Anda Sukses   Apakah si Ujang pada cerita  Kenapa Tidak Punya Mobil?  akan tetap menjadi p...